Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar
Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar
Nama : Muhamad Alif Nugraha (14116702)
Kelas : 1KA29
Nama Dosen : Junaedi Abdillah
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun
hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas
bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik
materi maupun pikirannya.
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat
menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat
memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun
pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh
karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari
pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga karya tulis ilmiah
tentang “Tinjauan tentang ilmu Budaya Dasar” ini dapat memberikan manfaat mapun
inspirasi terhadap pembaca.
Jakarta,
Maret 2017
Penulis
Daftar Isi
Pendahuluan..............................................................................................
1.1 IBD sebagai bagian dari MKDU :
- - Menjelaskan pengertian MKDU
.............................................................
- - Menyebutkan Tujuan dari MKDU
...........................................................
1.2 1.2 Pengertian ilmu Budaya Dasar :
- - Menjelaskan pengertian llmu Budaya Dasar
..........................................
- - Membedakan IBD dengan Pengetahuan Budaya
....................................
- - Menyebutkan 3 Kelompok besar dalam ilmu dan
pengetahuan ................
1.3 1.3 Tujuan Ilmu Budaya Dasar :
- - Menjelaskan masalah budaya dengan benar
........................................
- - Menjelaskan masalah kemanusiaan dengan jelas
.................................
- - Menyebutkan tujuan ilmu Budaya Dasar
.............................................
1.4 1.4 Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar
- - Menyebutkan 2 Masalah Pokok dalam ilmu Budaya Dasar .....................
- - Menyebutkan 8 Pokok bahasan IBD dengan Benar ...............................
Penutup.................................................................................................
Daftar
Pustaka........................................................................................
A. Pendahuluan
Mata kuliah
Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang
nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi
manusia dalam hidupnya sehari-hari. Hal ini perlu, karena dirasakan kekurangan
pada sistem pendidikan kita, baik pada tingkat menengah, maupun pada tingkat
perguruan tinggi. Tanpa memungkiri banyak faktor-faktor lain yang
menyebabkannya, salah satu yang penting adalah sistem pendidikan kita. Tidaklah
dapat disangkal, bahwa ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong
membuat manusia-manusia spesialis yang tidak berpandangan luas. Para lulusan
perguruan tinggi kita kurang mempunyai tempat yang sama untuk berpijak. Mereka
relatif terlalu mengesarnpingkan bidang-bidang yang lain. Ini tidak berarti,
bahwa mełeka hams ikut campur bidang-bidang lain, tetapi agaknya keadaan ini
yang membuat mereka seakan-akan buta akan bidang lain.
Diharapkan
agar mata kuliah ini dapat menjadi semacam ”lingua franca” bagi para akademisi
dari berbagai lapangan ilmiah. Ikngan memiliki suatu bekal yang sama ini
diharapkan agar para akademisi dapat lebih lancar berkomunikasi. Kelancaran
beŃomunikasi ini selanjutnya akan memperlancar pula pelaksanaan pembangunan
dalam berbagai bidang yang ditangani oleh para cendikiawan dari berbagai
lapangan keahlian itu.
Dengan
mendapat mata kuliah nmu Budaya Dasar mahasiswa diharapkan nantinya memiliki
latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada
umunya dan menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut, agar dengan demikian
mahasiswa diharapkan turut mendukung dan mengembangkan kebudayaannya sendiri
dengan kreatif. Salah satu sifat penting mata kuliah ini ialah bahwa ini bukan
pelajaran sastra, bukan musik, bukan filsafat, bukan sesuatu disiplin yang
berdiri sendiri.
Jadi secara
singkat dapatlah dikatakan bahwa setelah mendapat mata kuliah ini mahasiswa
diharapkan memperlihatkan:
1. Minat dan
kebiasaan menyelidiki apa-apa yang terjadi disekitamya dan di luar
lingkungannya, menelaah apa yang dikerjakannya sendiri dan mengapa.
2. Kesadaran
akan pola-pola nilai yang dianutnya sena bagaimana hubungan nilai-nilai ini
dengan cara hidupnya sehari-hari.
3. Kerelaan
memikirkan kembali dengan hati terbuka nilai-nilai yang dianutnya untuk mengetahui
apakah dia secara berdiri sendiri dapat membenarkan nilai-nilai tersebut untuk
dirinya sendiri.
4. Keberanian
moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasanya sudah dapat diterimanya
dengan penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dapat
dibenarkan.
Latar belakang
diberikannya mata kuliah IBD, selain melihat konteks budaya Indonesia, juga
sesuai dengan program pendidikan di Perguruan Tinggi, dalam rangka menyempumakan
pembentukan sarjana.
1.1
ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA
KULIAH DASAR UMUM.
Ilmu
Budaya Dasar merupakan salah satu komponen dari
sejumlah mata kuliah dasar umum (MKDU) yang merupakan mata kuliah wajib di
semua pergunıan tinggi, baik yang sifamya eksakta maupun yang non eksakta.
Secara khusus MKDU benujuan untuk
menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagi berikut :
1. Berjiwa Pamasila
sehingga segala keputusan sena tindakannya mencemıinkan pengamalan nilai-nilai
parıcasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan
kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
2. Takwa tethadap Tuhan Yang Maha Esa,
beısikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agaınanya, dan memiliki tenggang
rasa tethadap pemeluk agama lain.
3. Memiliki wawasan komprehensif dan
pendekatan integral di dalam menyikapi pennasalahan kehidupan baik sosial,
ekonomi, politik, kebudayaan, maupun penahanan keamanan.
4. Memiliki wawasan budaya yang luas
tentang kehidupan beımasyarakat dan secara beısama-sama maınpu berperan serta
meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiah dan secara bersama-sama
berperan sena didalam pelestariannya.
1.2 PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan
yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan
kebudayaan. Ilmu Budaya Dasar
dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang
berasal dari istilah bahasa Inggris "The Humanities”.
-
Membedakan IBD dengan Pengetahuan budaya
Adapun istilah Humanities ini
sendiri berasal dari bahasa lain humanus
yang bisa dijadikan manusia, berbudaya dan halus. Wıgan mempelajari the humanues diandaikan seseorang akan bisa
menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
Agar supaya manusia bisa menjadi
humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu “The Humanities” disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya
yang lain sebagai manusia itu sendiri.
- - 3
Kelompok besar dalam ilmu dan pengetahuan
Untuk mengetahui bahwa nrnu
Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya, lebih dahulu perlu diketahui
pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu
dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu:
1. Ilmu-Ilmu Alamiah ( natural science )
Ilmu-ilmu
alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam
semesta. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan
menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat
analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis itu kemudian
digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi . Hasil penelitiannya
100 % benar dan 100 % salah. Yang temasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara
lain ialah astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, mekanika.
2. Ilmu-Ilmu Sosial ( social science )
Ilmu-Ilmu sosial
bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan
antar manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman
dari ilmu-ilmu alamiah. Tetapi hasil penelitiannya tidak mungkin 100 % benar,
hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antar
manusia itu tidak dapat ben-lbah dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok
ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi,
psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dsb.
3. Pengetahuan budaya ( the humanities )
Pengetahuan
budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang
bersifat manusiawi. Pengetahuan budaya ( The Humanities ) dibatasi sebagai
pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian
inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain, seperti
seni tari, seni rupa, seni musik, dll.
Sedang Ilmu Budaya
Dasar ( Basic Humanities ) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan
pengetahuan dasar dan pengcrtian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain
Ilmu Budaya dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai
bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan
dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
1.3
Tujuan Ilmu Budaya Dasar
- - Masalah Budaya
Penyajian mata
kuliah nmu Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat
memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang
dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
- - Masalah Kemanusiaan
Ilmu Budaya
Dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang
keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities), akan tetapi
ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan
kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan
kritikalnya temadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan
alam sekitamya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
- - Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Hmu
Budaya Dasar diharapkan dapat :
1. Mengusahakan penajaman kepekaan
mahasiswa temadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan
diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk
memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta
mengembangkan daya kritis mereka temadap persoalan-persoalan yang menyangkut
kedua hal tersebut.
3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai
calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin
masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan
disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi kartna ruang lingkup pendidikan kita
amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang
luas. kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat.
4. Mengusahakan wahana komunikasi para
akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memilki satu
bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam
berkomunikasi.
1.4
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah
ditentukan diatas, dua pokok bisa dipakai sebagi bahan penimbangan untuk
menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah nmu Budaya Dasar. Kedua masalah
pokok itu ialah :
1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah
kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan
budaya ( The Humanities ), baik dari segi masing-masing keahlian ( disiplin )
didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai
disiplin dalam pengetahuan budaya.
2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka
ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Dalarn
melihat dan menghadapi lingkungan alam, sosial dan budaya, manusia tidak hanya
mewujudkan kesamaan-kesamaan, akan tetapi juga ketidak sengaman yang
diungkapkan secara tidak seragam, sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam
berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, dan perasaan, tingkah laku, dan
hasil kelakuan mereka.
Memiliki kedua masalah pokok yang bisa dikaji dalam
mata kuliah Ilmu Budaya Dasar
tersebut di atas, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral
dalam pengkajian. Manusia tidak sebagi subyek akan tetapi sebagai obyek
pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama manusia,
dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dengan
Tuhan menjadi teman sentral dalam Ilmu
Budaya Dasar.
Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah:
Manusia
dan cinta kasih.
Manusia
dan keindahan.
Manusia
dan penderitaan.
Manusia
dan keadilan.
Manusia
dan pandangan hidup.
Manusia
dan tanggung jawab serta pengabdian.
Manusia dan kegelisahan.
Manusia dan harapan.
Kedelapan pokok bahasan itu tennasuk dalam karya-karya
yang tercangkup dalam
pengetahuan budaya. Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam
karya sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya.
Masing-masing pokok bahasan dapat didekati dengan baik
menggunakan cabang-cabang pengetahuan budaya secara sendiri-sendiri maupun
secara gabungan cabang-cabang tersebut.Pokok bahasan manusia dan cinta kasih
misalnya, dapat didekati dengan menggunakan karya seni sastra, atau filsafat
atau seni tari dan sebaginya. Disamping itu pokok bahasan manusia dan cinta
kasih juga dapat didekati dengan menggunakan gabungan karya seni sastra, karya
seni tari, atau filsafat dan sebagainya.
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan:
1. Pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang berakal,
berbudi, dan berbudaya.
2. Wujud budaya dapat bersifat konkret yaitu sebagai ide,
gagasan, norma dan peraturan bagi manusia dan abstrak yaitu sebagai tinfakan,
peraturan, dan aktivitas manusia.
3. Kebudayaan merupakan hasil cipta, karsa, rasa manusia
yang diperoleh dari perkembangan manusia sebagai masyarakat.
Demikian yang dapat saya paparkan
mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih
banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan
kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman memberikan kritik dan saran
yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan
makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi
penulis pada khususnya juga para mahasiswa universitas pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
Nugroho,
Widyo dan Muchji, Achamad. (1991). Ilmu Budaya
Dasar. Jakarta: Univesitas Gunadarma