#Tugas Softskill Pertemuan 2 Dosen Dewi Luqi
Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan atau kecerdasan
yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi
Artifisial (Artificial Intelligence atau hanya
disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.
Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang
dapat dilakukan manusia.
Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem
pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan
saraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia,
tetapi untuk Informatika relatif
tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan
persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal
yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang
masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika.
Seperti contoh: Pengenalan Objek/Muka, bermain sepak
bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI
membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan
perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian
dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang
membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian,
perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan
pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti
itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada
penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata.
Sistem AI sekarang ini sering
digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang
telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video
game.
'Kecerdasan buatan' ini bukan hanya ingin mengerti apa itu
sistem kecerdasan, tetapi juga mengkonstruksinya.
Tidak ada definisi yang memuaskan untuk 'kecerdasan':
- kecerdasan:
kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya.
- atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah 'Test Kecerdasan'.
Kelebihan dan Kekurangan Kecerdasan Buatan
Kelebihan Kecerdasan Buatan :
- Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
- Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebuat dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer lain.
- Kecerdasan
buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan
komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan harus
mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka
waktu yang sangat lama.
- Kecerdasan
buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan busatan
adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami
senantiasa berubah-ubah.
- Kecerdasan
buatan dapat didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer dapat
didokumentasikan dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem
tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
- Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami.
- Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibantind dengan kecerdasan alami.
Kekurangan Kecerdasan Buatan :
- Kurang memberikan kesempatan kepada orang lain untuk membuka peluang bisnis, usaha, layanan computer sejenis karena setiap orang di prediksi lebih memilih untuk melakukan sendiri jika dalam jumlah yang kecil atau dalam kapasitas yang terjangkau.
- Rawan rusak.
- Mahal dalam proses pembuatannya.
- Memerlukan daya listrik.
- Struktur kontrolnya terpisah dari pengetahuan.
SISTEM PAKAR (Expert System)
Beberapa pengertian sistem pakar, diantaranya:
- Sistem Pakar adalah merupakan paket perangkat lunak atau paket program komputer yang disediakan sebagai media penasehat atau membantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang tertentu seperti sains, pendidikan, kesehatan, perekayasaan matematika, dan sebagainya.
- Dari
wikipedia Sistem Pakar adalah suatu program komputer yang
mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu
bidang spesifik.
- Sistem
Pakar adalah Sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan
ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk
menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh
tenaga ahli yang bersangkutan.
- Sistem
Pakar adalah suatu perangkat lunak komputer berisi pengetahuan
yang disimpan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam suatu bidang
spesifik dengan cara hampir sama dengan seorang tenaga ahli.
Pengetahuan datang dari satu rangkaian percakapan yang lalu di
kembangkan dari beberapa tenaga ahli suatu sistem.. Sistem
tersebut menerima pengetahuan yang berisi suatu masalah dari seorang
pengguna.
- Sistem
Pakar adalah hasil akhir dari seorang Sarjana Science. Untuk
membangun suatu sistem yang dapat memecahkan permasalahan yang sudah
ditentukan, seorang sarjana akan memulai dengan membaca literatur
terkait dengan permasalahan Sebagai pondasi sistem itu. Seorang sarjana
pengetahuan kemudian melakukan wawancara ekslusif dengan satu atau lebih
tenaga ahli untuk “memperoleh” pengetahuan mereka. yang akhirnya,
sarjana pengetahuan tersebut mengorganisir hasil wawancara dan
menterjemahkan ke dalam perangkat lunak komputer yang dapat digunakan oleh
seseorang yang sama sekali tidak memiliki suatu keahlian.
- Sistem
Pakar adalah suatu perangkat lunak komputer yang dirancang untuk
memberikan pemecahan masalah suatu tenaga ahli didalam suatu bidang.
Sistem Pakar terdiri atas suatu dasar pengetahuan(informasi, heuristik,
dll.), mesin kesimpulan(untuk meneliti dasar pengetahuan), dan alat
penghubung (input dan output). Cara yang memimpin ke arah pengembangan
Sistem Pakar adalah berbeda dari teknik programan konvensional.
- Sistem
pakar ialah sistem yang mewakilkan pengetahuan manusia dalam
bentuk program komputer dan menggunakan pengetahuan tersebut dalam
penyelesaian masalah; mensimulasikan bagaimana pakar menyelesaikan masalah.
- Sistem
Pakar adalah program kecerdasan buatan (artificial intelligence)
yang menggabungkan basis pengetahuan (knowledge base) dengan mesin
inferensi. Basis pengetahuan dalam sistem pakar berupa suatu aturan yang
diperoleh dari pengalaman atau dari seorang pakar pada bidang keahlian
tertentu. Berdasarkan basis pengetahuan yang ada, digunakan mesin
inferensi untuk mengenerate solusi terhadap domain permasalahan yang akan
dipecahkan.
Ciri-Ciri Sistem
Pakar:
- Sistem pakar yang baik harus memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:
- Memiliki informasi yang handal.
- Mudah dimodifikasi.
- Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer.
- Memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi.
Keuntungan Sistem Pakar:
- Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli.
- Bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis.
- Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar.
- Meningkatkan output dan produktivitas.
- Meningkatkan kualitas.
Kelemahan Sistem Pakar:
- Biaya
yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal.
- Sulit
dikembangkan. Hal ini tentu saja erat kaitannya dengan ketersediaan pakar
di bidangnya.
- Sistem pakar tidak 100% bernilai benar.
Contoh Teknologi Sistem Cerdas
1. ATM
ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine,
di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri)
adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil
uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang
“teller” manusia.
Komponen ATM
Setiap transaksi yang terjadi informasinya akan diterima
oleh komputer kemudian dikirimkan ke pusat data melalui sarana telekomunikasi
bisa line telpon, Vsat maupun radio, ATM ini dapat dimonitor statusnya dari
pusat data sehingga dapat diketahui apakah ATM ini sedang mati atau uangnya
sudah habis.
Mesin ATM terdiri dari 2 bagian :A. Bagian Atas (Upper Compartement) :
– Monitor
– Customer keypad
– Card reader
– Journal printer
– Receipt Printer
– Monitor
– Customer keypad
– Card reader
– Journal printer
– Receipt Printer
– Combination lock
– Dispenser module
– Cash cassette
– Reject cassette
– CPU
CARA KERJA ATM
Input : kartu ATM yang terdapat magnetic strip
Proses : Pada magnetic strip biasanya tertulis data pribadi
pemegang kartu, yang berisi nomor rekening, nomor pribadi serta kode
access-nya. Dan tulisan ini ditulis dalam bentuk kode-kode tertentu, dan hanya
bisa dibaca oleh komputer yang dilengkapi dengan mesin khusus untuk kartu
magnetic strip tersebut.
Output : kita dapat mengambil dan mentransfer uang ke
rekening bank lain yang menyebabkan perubahan dari rekening kita.
2. Siri
Siri adalah program komputer yang bekerja sebagai asisten
pribadi cerdas. Bagian dari sistem operasi Apple Inc. iOS, watchOS, macOS, and
tvOS. Siri menggunakan bahasa natural antarmuka pengguna untuk menjawab
pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan perintah dengan mengirimkan
permintaan kepada layanan Web. Siri berdaptasi dengan bahasa yang digunakan
pengguna dan pencarian yang digunakan oleh pengguna secara kontinu sebagai
preferensi, dan memberikan hasil yang sesuai.
Siri awalnya dikenalkan sebagai
aplikasi iOS yang tersedia di App Store oleh Siri Inc., yang diakusisi kemudian
oleh Apple pada 28 April 2010. Ada beberapa aksen dan kombinasi gender untuk
suara Siri.
Pada teknologi ini, terdapat 3 prosedur utama yaitu Input,
Proses, Output. Berikut ini adalah flowchart dari cara kerja teknologi ini :
Input : dari teknologi ini adalah suara kita. Kita
memasukkan suara kita ke teknologi ini dengan cara merekam suara kita dengan
microphone pada smartphone kita.
Proses : dari teknologi ini dimulai seteah kita memasukkan
suara kita. Teknologi ini membaca suara kita, menerjemahkannya menjadi teks,
dan mencari perintah yang terdapat pada teks.
Output : setelah teknologi ini mencari perintah pada teks,
teknologi ini akan memberikan hasil yang sesuai dengan perintah yang terdapat
pada suara yang kita input. Hasil dari teknologi ini juga akan dijadikan
sebagai preferensi perintah teknologi ini.
3. Pintu Geser Otomatis
Pintu otomatis dapat bekerja untuk membuka dan menutup secara
otomatis dengan menggunakan teknologi sensor. Sensor merupakan suatu perangkat
yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang atau objek lainnya ketika orang atau
objek tersebut mendekati pintu otomatis. Biasanya, sensor-sensor tersebut akan
diletakkan di sekitar pintu otomatis. Sensor-sensor ini juga akan diletakkan di
kedua sisi yaitu sisi dalam dan sisi luar pintu otomatis tersebut, sehingga
pintu otomatis dapat bekerja dari kedua sisi. Sensor kemudian akan mengaktifkan
sistem yang akan menggerakkan motor yang akan membuka dan menutup pintu
otomatis.
Cara Kerja dan Jenis-Jenis Sensor pada Pintu Otomatis
1. Sensor Optik
Sensor
ini akan memancarkan tirai infra merah yang berupa cahaya yang tidak tampak
oleh mata pada jarak jangkauan tertentu. Sensor ini akan bereaksi jika
seseorang atau sesuatu menghalangi cahaya infra merah yang dipancarkan. Jika
seseorang memasuki area yang disinari dengan cahaya ini, maka pancaran cahaya
akan terganggu dan menjadi tidak utuh. Hal ini menyebabkan program perintah untuk
menutup pintu terganggu. Terganggunya program untuk menutup pintu akan
menyebabkan pintu otomatis akan terbuka. Jika objek telah menjauh dari jarak
jangkauan sensor dan sinar sensor kembali utuh, maka pintu otomatis akan
menutup kembali.
2. Sensor Gerakan
Sensor ini akan memancarkan radar gelombang mikro. Hampir
sama seperti pada sensor optik, jika seseorang atau sesuatu berada dalam
jangkauan radar maka sensor akan bereaksi membuka pintu otomatis.
3. Sensor Panas Tubuh
Ketika seseorang berada di depan sensor panas tubuh, maka
sensor panas tubuh akan menghitung panjang gelombang yang dihasilkan oleh tubuh
manusia tersebut. Ketika orang tersebut berada dalam keadaan diam, maka panjang
gelombang yang dihasilkan berupa panjang gelombang yang konstan dan menyebabkan
energi panas yang dihasilkan digambarkan hampir sama dengan kondisi lingkungan
di sekitarnya.
Ketika orang tersebut melakukan gerakan, maka panjang gelombang
yang dihasilkan berupa panjang gelombang yang bervariasi sehingga menghasilkan
panas yang berbeda dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Panas yang
dihasilkan ini akan dideteksi oleh sensor dan dilanjutkan dengan reaksi untuk
membuka pintu otomatis.
4. Sensor Tekanan
Sensor ini biasanya diletakkan di bawah keset yang berada di
depan pintu. Sensor ini akan bereaksi terhadap tekanan berat objek yang berada
di atasnya. Dan jika sensor telah menerima batasan minimal berat yang
diperlukan untuk membuka pintu, maka pintu otomatis pun akan terbuka.
5. Sensor Jarak Jauh
Pada sensor ini dibutuhkan pengendali jarak jauh yang dioperasikan secara manual untuk membuka dan menutup pintu. Sensor jenis ini biasanya dipakai pada pintu garasi otomatis.
Input : adanya objek disekitar sensor.
Proses : gerakan, tekanan, jarak dan suhu tubuh ditangkap
oleh sensor.
Output : pintu geser otomatis terbuka dan bila tidak ada
objek yang tertangkap ia tertutup.
Sumber referensi: